Program Linear
Rencana Pembelajaran Program Linear
No. |
Capaian Pembelajaran (CP) Pertemuan |
Kemampuan akhir capaian pembelajaran |
Bahan Kajian / Materi Pembelajaran |
Metode Pembelajaran |
Pengalaman Belajar |
Kriteria Penilaian (Indikator) |
Waktu |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1. |
Kontrak Perkuliahan dan Pendahuluan Program Linear |
1.Dapat Memahami rencana perkuliahan dan sistem penilaian yang digunakan di dalam perkuliahan 2.Dapat memahami materi dasar Program Linear |
Kontrak perkuliahan, Pengertian, Masalah optimasi dan perumusan masalah nyata |
Metode kooperatif |
Penyajian materi oleh dosen
|
1. Sikap (Instrumen: observasi) 2. Pengetahuan (Instrumen: tes) 3. Kemampuan/unjuk kerja |
1 Pertemuan |
2. |
Aturan-prinsipyang berlaku dalam menyelesaikan Program Linear dengan Metode Grafik |
Dapat menyelesaikan Program Linear dengan Metode Grafik |
Program Linear dengan Metode Grafik |
Model Student Centre Learning (SCL) dengan Metode Diskusi |
Menganalisiskan permasalahan yang diajukan oleh dosen secara indivial maupun kelompok. |
1. Sikap (Instrumen: observasi) 2. Pengetahuan (Instrumen: tes) 3. Kemampuan/unjuk kerja |
1 Pertemuan |
3. |
Mampu menggambar grafik dan mencari kemungkinan kejadian penyelesaian |
Dapat mengidentfikasi kejadian penyelesaian melalui metode grafik |
Beberapa Kejadian Penyelesaian dengan Metode Grafik |
Metode Problem Based Learning (PBL) |
Berdiskusi, menentukan dan menyusun serta menambahkan tugas yang diberikan dosen lalu mempresentasikan hasilnya kepada mahasiswa lain. |
1. Sikap (Instrumen: observasi) 2. Pengetahuan (Instrumen: tes) 3. Kemampuan/unjuk kerja |
1 Pertemuan |
4. |
Mampu menggunakan Metode Simpleks dalam menyelesaikan masalah Program Linear |
Dapat menerapkan metode simpleks secara tepat dan benar |
Program Linear dengan Metode Simpleks |
Metode Student centre Learning (SCL) |
Berdiskusi dan menyusun permasalahan berupa tugas yang diberikan dosen lalu mempresentasikan hasilnya kepada mahasiswa lain. |
1. Sikap (Instrumen: observasi, angket) 2. Kemampuan/unjuk kerja 3. Pengetahuan (Instrumen: tes)
|
1 Pertemuan |
5. |
Mampu menentukan Pola Maksimum Baku dengan Metode Smipleks |
Dapat menentukan Pola Maksimum Baku |
1. Pola Maksimum Baku dengan Metode Simpleks |
Metode Problem Based Learning (PBL) |
Berdiskusi, menentukan dan menyusun serta menambahkan tugas yang diberikan dosen lalu mempresentasikan hasilnya kepada mahasiswa lain. |
1. Sikap (Instrumen: observasi) 2. Pengetahuan (Instrumen: tes) 3. Kemampuan/unjuk kerja |
1 Pertemuan |
6. |
Mampu menentukan Pola Minimum |
Dapat menyelesaikan masalah pola minimum dan perubah semu |
Perubah Semu dan Pola Minimum |
Metode Problem Based Learning (PBL) |
Berdiskusi dan menyusun permasalahan berupa tugas yang diberikan dosen lalu mempresentasikan hasilnya kepada mahasiswa lain. |
1. Sikap (Instrumen: observasi) 2. Pengetahuan (Instrumen: tes) 3. Kemampuan/unjuk kerja |
1 Pertemuan |
7. |
Mampu menyelidiki kejadian penyelesaian soal |
Dapat menentukan bentuk penyelesaian soal |
Kejadian soal tidak mempunyai penyelesaian optimum , Ada pilihan penyelesaian optimum, Masalah PL dengan perubah tak bersyarat |
Metode Problem Based Learning (PBL) |
Berdiskusi dan menyusun permasalahan berupa tugas yang diberikan dosen lalu mempresentasikan hasilnya kepada mahasiswa lain. |
1. Sikap (Instrumen: observasi) 2. Pengetahuan (Instrumen: tes) 3. Kemampuan/unjuk kerja |
1 Pertemuan |
8. |
UTS |
||||||
9. |
Memahami Hubungan Dual pada Program Linear |
Dapat menerapkan Hubungan Dual |
DUALITAS : Hubungan Dual |
Metode Student Centre Learning (SCL) |
Berdiskusi dan menyusun permasalahan berupa tugas yang diberikan dosen lalu mempresentasikan hasilnya kepada mahasiswa lain. |
1. Sikap (Instrumen: observasi) 2. Pengetahuan (Instrumen: tes) 3. Kemampuan/unjuk kerja |
1 Pertemuan |
10. |
Memahami dalil-dalil Dualitas |
Dapat menjelaskan kembali dalil – dalil Dualitas |
DUALITAS : Dalil-dalil Dualitas
|
Metode Problem Based Learning (PBL) |
Berdiskusi dan menyusun permasalahan berupa tugas yang diberikan dosen lalu mempresentasikan hasilnya kepada mahasiswa lain. |
1. Sikap (Instrumen: observasi) 2. Pengetahuan (Instrumen: tes) 3. Kemampuan/unjuk kerja |
1 Pertemuan |
11. |
Memahami aturan-prinsipdalam Metode Transportasi |
Mampu menggunakan metode transportasi dalam penyelesaian Program Linear |
METODE TRANSPORTASI : Metode Stepping Stone, Metode MODI |
Metode Student Centre Learning (SCL) |
Berdiskusi dan menyusun permasalahan berupa tugas yang diberikan dosen lalu mempresentasikan hasilnya kepada mahasiswa lain. |
1. Sikap (Instrumen: observasi) 2. Pengetahuan (Instrumen: tes) 3. Kemampuan/unjuk kerja |
1 Pertemuan |
12. |
Menerapkan metode Transportasi |
Dapat menerapkan Metode Transportasi |
METODE TRANSPORTASI : Metode Vogel’s Approximation, Masalah tidak sama dengan kebutuhan, Masalah Degenaracy, Penggunaan PL
|
Metode Student Centre Learning (SCL) |
Berdiskusi dan menyusun permasalahan berupa tugas yang diberikan dosen lalu mempresentasikan hasilnya kepada mahasiswa lain. |
1. Sikap (Instrumen: observasi) 2. Pengetahuan (Instrumen: tes) 3. Kemampuan/unjuk kerja |
1 Pertemuan |
13. |
Merumuskan masalah Minimasi |
Dapat merumuskan masalah Minimasi |
MASALAH PENUGASAN : Perumusan masalah, Masalah Minimasi |
Metode Probem Based Learning (PBL) |
Berdiskusi dan menyusun permasalahan berupa tugas yang diberikan dosen lalu mempresentasikan hasilnya kepada mahasiswa lain. |
1. Sikap (Instrumen: observasi) 2. Pengetahuan (Instrumen: tes) 3. Kemampuan/unjuk kerja |
1 Pertemuan |
14. |
Mampu merumuskan maksimasi. |
Dapat merumuskan Maksimasi |
MASALAH PENUGASAN : Perumusan Maksimasi, Masalah-masalah |
Metode Probem Based Learning (PBL) |
Berdiskusi, menentukan dan menyusun serta menambahkan tugas yang diberikan dosen lalu mempresentasikan hasilnya kepada mahasiswa lain. |
1. Sikap (Instrumen: observasi) 2. Pengetahuan (Instrumen: tes) 3. Kemampuan/unjuk kerja |
1 Pertemuan |
15. |
Mampu menganalisis sensitivitas |
Dapat membuat analisis sensitivitas |
ANALISIS SENSITIVITAS |
Metode Probem Based Learning (PBL) |
|
1. Sikap (Instrumen: observasi) 2. Pengetahuan (Instrumen: tes) 3. Kemampuan/unjuk kerja |
1 Pertemuan |
16. |
UAS |
|
UAS |
|
|
|
|