Program Linear
Nendra MS Dwipa

Program Linear

Rencana Pembelajaran Program Linear

No.

Capaian Pembelajaran (CP) Pertemuan

Kemampuan akhir capaian pembelajaran

Bahan Kajian /

Materi Pembelajaran

Metode Pembelajaran

Pengalaman Belajar

Kriteria Penilaian

(Indikator)

 

Waktu

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1.

Kontrak Perkuliahan dan Pendahuluan Program Linear

1.Dapat Memahami rencana perkuliahan dan sistem penilaian yang digunakan di dalam perkuliahan

2.Dapat memahami materi dasar Program Linear

Kontrak perkuliahan, Pengertian, Masalah optimasi dan perumusan masalah nyata

Metode kooperatif


Penyajian materi oleh dosen

 

1.  Sikap (Instrumen: observasi)

2.  Pengetahuan (Instrumen: tes)

3.  Kemampuan/unjuk kerja

1 Pertemuan

2.

Aturan-prinsipyang berlaku dalam menyelesaikan Program Linear dengan Metode Grafik

Dapat menyelesaikan Program Linear dengan Metode Grafik

Program Linear dengan Metode Grafik

Model Student Centre Learning (SCL) dengan Metode Diskusi

Menganalisiskan permasalahan yang diajukan oleh dosen secara indivial maupun kelompok.

1.    Sikap (Instrumen: observasi)

2.  Pengetahuan (Instrumen: tes)

3.  Kemampuan/unjuk kerja

1 Pertemuan

3.

Mampu menggambar grafik dan mencari kemungkinan kejadian penyelesaian

Dapat mengidentfikasi kejadian penyelesaian melalui metode grafik

Beberapa Kejadian Penyelesaian dengan Metode Grafik

Metode Problem Based Learning (PBL)

Berdiskusi, menentukan dan menyusun serta menambahkan tugas yang diberikan dosen lalu mempresentasikan hasilnya kepada mahasiswa lain.

1. Sikap (Instrumen: observasi)

2.  Pengetahuan (Instrumen: tes)

3.  Kemampuan/unjuk kerja

1 Pertemuan

4.

Mampu menggunakan Metode Simpleks dalam menyelesaikan masalah Program Linear

Dapat menerapkan metode simpleks secara tepat dan benar

Program Linear dengan Metode Simpleks

Metode Student centre Learning (SCL)

Berdiskusi dan menyusun permasalahan berupa tugas yang diberikan dosen lalu mempresentasikan hasilnya kepada mahasiswa lain.

1.    Sikap (Instrumen: observasi, angket)

2.    Kemampuan/unjuk kerja

3.    Pengetahuan (Instrumen: tes)

 

1 Pertemuan

5.

Mampu menentukan Pola Maksimum Baku dengan Metode Smipleks

Dapat menentukan Pola Maksimum Baku

1.   Pola Maksimum Baku dengan Metode Simpleks

Metode Problem Based Learning (PBL)

Berdiskusi, menentukan dan menyusun serta menambahkan tugas yang diberikan dosen lalu mempresentasikan hasilnya kepada mahasiswa lain.

1. Sikap (Instrumen: observasi)

2.  Pengetahuan (Instrumen: tes)

3.  Kemampuan/unjuk kerja

1 Pertemuan

6.

Mampu menentukan Pola Minimum

Dapat menyelesaikan masalah pola minimum dan perubah semu

Perubah Semu dan Pola Minimum

Metode Problem Based Learning (PBL)

Berdiskusi dan menyusun permasalahan berupa tugas yang diberikan dosen lalu mempresentasikan hasilnya kepada mahasiswa lain.

1. Sikap (Instrumen: observasi)

2.  Pengetahuan (Instrumen: tes)

3.  Kemampuan/unjuk kerja

1 Pertemuan

7.

Mampu menyelidiki kejadian penyelesaian soal

Dapat menentukan bentuk penyelesaian soal

Kejadian soal tidak mempunyai penyelesaian optimum ,  Ada pilihan penyelesaian optimum, Masalah PL dengan perubah tak bersyarat

Metode Problem Based Learning (PBL)

Berdiskusi dan menyusun permasalahan berupa tugas yang diberikan dosen lalu mempresentasikan hasilnya kepada mahasiswa lain.

1. Sikap (Instrumen: observasi)

2.  Pengetahuan (Instrumen: tes)

3.  Kemampuan/unjuk kerja

1 Pertemuan

8.

UTS

9.

Memahami Hubungan Dual pada Program Linear

Dapat menerapkan Hubungan Dual

DUALITAS : Hubungan Dual

Metode Student Centre Learning (SCL)

Berdiskusi dan menyusun permasalahan berupa tugas yang diberikan dosen lalu mempresentasikan hasilnya kepada mahasiswa lain.

1. Sikap (Instrumen: observasi)

2.  Pengetahuan (Instrumen: tes)

3.  Kemampuan/unjuk kerja

1 Pertemuan

10.

Memahami dalil-dalil Dualitas

Dapat menjelaskan kembali dalil – dalil Dualitas

DUALITAS : Dalil-dalil Dualitas

 

Metode Problem Based Learning (PBL)

Berdiskusi dan menyusun permasalahan berupa tugas yang diberikan dosen lalu mempresentasikan hasilnya kepada mahasiswa lain.

1. Sikap (Instrumen: observasi)

2.  Pengetahuan (Instrumen: tes)

3.  Kemampuan/unjuk kerja

1 Pertemuan

11.

Memahami aturan-prinsipdalam Metode Transportasi

Mampu menggunakan metode transportasi dalam penyelesaian Program Linear

METODE TRANSPORTASI : Metode Stepping Stone, Metode MODI

Metode Student Centre Learning (SCL)

Berdiskusi dan menyusun permasalahan berupa tugas yang diberikan dosen lalu mempresentasikan hasilnya kepada mahasiswa lain.

1. Sikap (Instrumen: observasi)

2.  Pengetahuan (Instrumen: tes)

3.  Kemampuan/unjuk kerja

1 Pertemuan

12.

Menerapkan metode Transportasi

Dapat menerapkan Metode Transportasi

METODE TRANSPORTASI : Metode Vogel’s Approximation, Masalah tidak sama dengan kebutuhan, Masalah Degenaracy, Penggunaan PL

 

Metode Student Centre Learning (SCL)

Berdiskusi dan menyusun permasalahan berupa tugas yang diberikan dosen lalu mempresentasikan hasilnya kepada mahasiswa lain.

1. Sikap (Instrumen: observasi)

2.  Pengetahuan (Instrumen: tes)

3.  Kemampuan/unjuk kerja

1 Pertemuan

13.

Merumuskan masalah Minimasi

Dapat merumuskan masalah Minimasi

MASALAH PENUGASAN : Perumusan masalah, Masalah Minimasi

Metode Probem Based Learning (PBL)

Berdiskusi dan menyusun permasalahan berupa tugas yang diberikan dosen lalu mempresentasikan hasilnya kepada mahasiswa lain.

1. Sikap (Instrumen: observasi)

2.  Pengetahuan (Instrumen: tes)

3.  Kemampuan/unjuk kerja

1 Pertemuan

14.

Mampu merumuskan maksimasi.

Dapat merumuskan Maksimasi

MASALAH PENUGASAN :

Perumusan Maksimasi, Masalah-masalah

Metode Probem Based Learning (PBL)

Berdiskusi, menentukan dan menyusun serta menambahkan tugas yang diberikan dosen lalu mempresentasikan hasilnya kepada mahasiswa lain.

1. Sikap (Instrumen: observasi)

2.  Pengetahuan (Instrumen: tes)

3.  Kemampuan/unjuk kerja

1 Pertemuan

15.

Mampu menganalisis sensitivitas

Dapat membuat analisis sensitivitas

ANALISIS SENSITIVITAS

Metode Probem Based Learning (PBL)

 

1.  Sikap (Instrumen: observasi)

2.  Pengetahuan (Instrumen: tes)

3.  Kemampuan/unjuk kerja

1 Pertemuan

16.

UAS

 

UAS