APLIKASI KOMPUTER
Kintoko Kintoko

APLIKASI KOMPUTER

PENDAHULUAN
A. Deskripsi Mata Kuliah
Bab pendahuluan mencakup tentang pentingnya pemahaman mahasiswa tentang perkembangan TIK khususnya dalam bidang matematika. Pemanfaatan TIK sangat diperlukan sekali dalam penyusunan dan pengembangan penggunaan media pembelajaran terutama pada mata pelajaran matematika yang sangat menekankan pada pemahaman konsep. Penggunaan media pembelajaran matematika berbasis software akan sangat mempermudah siswa dalam memahami konsep matematika yang bersifat abstrak, membantu mempermudah membuat objek-objek seperti grafik, bangun geometri, bahkan juga mampu membantu menyelesaikan permasalahan matematika.
Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan praktek

langsung mempelajari dan menggunakan software matematika seperti Algebrator, Bagatrix, Cabri II Plus, Cabri 3D, dan GeoGebra yang nantinya akan menjadi keterampilan khusus bagi mahasiswa dan bekal sebagai calon guru. Mahasiswa juga diharapkan tidak hanya memiliki pengetahuan, pengalaman, kemampuan, serta keterampilan dalam menggunakan software tersebut, tetapi mahasiswa juga mampu mendesain pembelajaran berbasis software tersebut melalui lembar aktivitas siswa.
Sebelum memulai praktek, terlebih dahulu disampaikan mengenai identitas dari software yang akan dipraktekan, mulai dari sejarah dan perkembangannya, spesifikasi Komputer yang dibutuhkan untuk menjalankan software tersebut, hingga kelebihan dan kekurangan dari software tersebut.