Ekonomi global mempengaruhi kehidupan sehari-hari kita secara fundamental, seperti produk yang kita beli dengan harga yang dibayarkan, sampai pekerjaan sehari-hari dapat terpengaruhi oleh adanya perdagangan internasional. Di dalam perdagangan internasional terdapat bisnis internasional yang menjelaskan tentang transaksi bisnis antara pihak-pihak dari suatu negara dengan negara lain. Contoh lain yaitu transaksi pembelian material di suatu negara dan pengiriman ke negara lain untuk dirakit. Permasalahan global yang sangat kompleks dibandingkan dengan permasalahan lokal dalam berbagai segi, menyebabkan hal tersebut menarik untuk dipelajari lebih lanjut lagi.


Dalam mata kuliah Riset Pemasaran menjelaskan tentang bagaimana suatu bisnis melakukan riset pemasaran guna mendapatkan data-data yang dapat diolah menjadi informasi. Mahasiswa diajarkan bagaimana memperoleh gambaran fenomena atau masalah pemasaran yang ada di lapangan, merumuskan dalam hipotesis atau dugaan, merumuskan instrumen yang tepat untuk mengukur konstruk dan variabel penelitian, mengolah data sehingga menjadi informasi yang berguna, dan membuat laporan hasil riset. Selain itu, mata kuliah ini juga menambah wawasan dan bekal mahasiswa untuk menempuh skripsi.