Kajian Kurikulum Matematika Sekolah
Kajian Kurikulum Matematika Sekolah merupakan
mata kuliah yang membekali mahasiswa untuk memahami konsep dasar kurikulum dan
ketentuan-ketentuan dalam kurikulum matematika sekolah pada pendidikan dasar dan menengah.
Mata kuliah ini membahas tentang Konsep
Dasar Kurikulum: pengertian kurikulum, sejarah kurikulum, komponen-komponen kurikulum dan fungsi
kurikulum, Konsep
Kurikulum 2013, Analisis kompetensi inti dan kompetensi dasar, Pengembangan Silabus dan RPP, Konsep Kurikulum Merdeka, analisis CP, ATP, dan TP. Penilaian (evaluasi dan asesmen) dalam Pembelajaran Matematika.
Kewirausahaan
Mata kuliah Kewirausahaan dirancang untuk mendorong minat mahasiswa dalam berwirausaha sekaligus mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi globalisasi dan perdagangan terbuka. Dengan berbagai latihan dan pemahaman konsep berwirausaha diharapkan mahasiswa yang mengambil matakuliah ini dapat mulai membangun usaha, dari usaha kecil-kecilan sehingga akhirnya mereka menjadi lebih berani memulai usaha yang lebih besar dan lebih komplek.
Pengembangan Bahan Ajar Kelas A1
Perkuliahan pada mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar bagi para mahasiswa agar mampu memyiapkan bahan untuk mengajar. Selain itu, mahasiswa juga mampu dalam menjelaskan konsep desain, pengembangan, pengelolaan, dan evaluasi pembuatan bahan belajar. Materi yang dibahas pada perkuliahan ini secara garis besar adalah peran dan jenis bahan ajar, baik bahan cetak, noncetak, maupun bahan ajar display, prosedur pengembangannya, cara pemanfaatannya dalam proses pembelajaran, serta cara-cara mengevaluasinya.
Pelaksanaan kuliah dilakukan secara blemded learning yaitu sebagian secara synchronus dan sebagian lagi dengan asynchronous.
Pengembangan Bahan Ajar kelas A2
Perkuliahan pada mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar bagi para mahasiswa agar mampu memyiapkan bahan untuk mengajar. Selain itu, mahasiswa juga mampu dalam menjelaskan konsep desain, pengembangan, pengelolaan, dan evaluasi pembuatan bahan belajar. Materi yang dibahas pada perkuliahan ini secara garis besar adalah peran dan jenis bahan ajar, baik bahan cetak, noncetak, maupun bahan ajar display, prosedur pengembangannya, cara pemanfaatannya dalam proses pembelajaran, serta cara-cara mengevaluasinya.
Pelaksanaan kuliah dilakukan secara blemded learning yaitu sebagian secara synchronus dan sebagian lagi dengan asynchronous.
Bahasa Inggris Matematika 1A1
This course is intended for students of major in the Department of Mathematics Education, Universitas PGRI Yogayakarta.
The course aims at developing students’ language skills in an English context of mathematics with emphasis on reading, listening, speaking and writing.
The language content, mainly focuses on: firstly, key points of grammar and key functions appropriate to this level; secondly, language items important for decoding texts mathematical; thirdly, language skills developed as outlined material.
This material contains some units with a Glossary of mathematical terms.