PENGANTAR MATERI

 

Mata kuliah Writing Research merupakan perkenalan dan pembiasaan bagi mahasiswa terhadap upaya mengenal, mempraktekkan dan mengevaluasi hasil karya tulis akademis. Pada bab pertama ini diberikan penjelasan secara singkat namun padat mengenai hal-hal apa saja yang perlu menjadi perhatian bagi mahasiswa yang sama sekali belum memiliki pengalaman yang baik berkenaan dengan menulis di jurnal. Hal ini dapat juga dijadikan latihan awal sebelum rekan-rekan mahasiswa memulai untuk menulis skripsi. Bab ini dibagi menjadi 3 bagian utama, yaitu: persiapan sebelum, sedang dan setelah menulis manuskrip. Hal yang paling disoroti dalam bab ini ialah pentingnya pemahaman mahasiswa terhadap tata tulis dan proofreading.


Sebelum menginjak bangku kuliah, para mahasiswa sudah mendapatkan berbagai jenis teks untuk aktivitas reading seperti narrative, descriptive, procedure, report dan sebagainya. Pada mata kuliah basic reading ini mahasiswa dituntut untuk mengetahui bagai cara mendaptkan informasi umum, ide utama melalui scanning, previewing& predicting dsb.


Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa dengan kemampuan dan ketrampilan untuk merancang pembelajaran Bahasa Inggris berbasis teknologi  komunikatif serta mampu mengevaluasi keefektivitasannya. Materi perkuliahan meliputi teori-teori dasar yang berkaitan dengan penggunaan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Inggris dan praktek menggunakannya dalam pembelajaran.