Studio Perancangan 2 diberikan pada semester 2. Matakuliah ini bertujuan mengembangkan kemampuan mahasiswa merancang bangunan 1-2 lantai dengan kompleksitas fungsi rendah. Mahasiswa diharapkan mampu menuangkan ide dan kreasi rancangannya dengan mempertimbangkan aspek fungsi, pemilihan konstruksi & material, estetika bangunan,  potensi site, serta antisipasi tanggap bencana. Perancangan ruang didasarkan pada antropomorfi, antropometri, serta pola aktifitas pengguna di dalamnya. Pemilihan material dan konstruksi digunakan yang mudah dijumpai dapat berupa material alam maupun fabrikasi. Bentuk bangunan, pengolahan ruang & massa bangunan merupakan cara perancangan dalam mempertemukan kualitas estetika bangunan, fungsi, dan kekuatan bangunan dalam konteks tapak dan lingkungan. Media sketsa, gambar terukur (gambar teknik), dan maket digunakan mahasiswa sebagai cara mengkomunikasikan gagasan dan idenya.

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman terhadap potensi tapak, baik natural element dan architectural element atau elemen buatan. Selain itu, diharapkan mahasiswa dapat menggambarkan kondisi eksisting tapak sekaligus menggambarkan hasil olah desain dari tapak tersebut.

Dengan mengenal potensi tapak, mahasiswa mampu menyelesaikan rencana dan rancangan tapak pada lokasi perencanaan dengan karakter alam tertentu. Diawali dengan pemahaman atas hubungan antara lingkungan alam dan lingkungan binaan, dilanjutkan dengan pemahaman atas prinsip dan elemen ruang luar dan kawasan tapak. Atas dasar pemahaman tersebut, proses dan metoda desain diberikan untuk membantu mahasiswa dalam mengaplikasikannya pada kawasan studi kasus terpilih.

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman secara afektif untuk merasakan ruang dengan pertimbangan estetikanya, serta kemampuan psikomotorik dengan menerapkan prinsip-prinsip komposisi pada rancangan bentuk dan ruangnya

Selain itu mata kuliah Estetika Bentuk 2  ini, juga bertujuan melatih kepekaan mentransformasikan ide, gagasan, dan pikiran ke dalam wujud visual dengan komunikatif dalam bentukan 3 dimensi.

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang pemanfaatan aplikasi komputer dan pengolah kata, data dan presentasi. Oleh karenanya dalam mata kuliah ini, materi dibagi dalam tiga materi, yaitu materi yang berhubungan dengan Ms Word, Ms Excel dan Power Point. Dalam Ms Word materi diawali dengan memperkenalkan konsep dasar sistem komputer dan keudian dilanjutkan dengan materi pengeditan naskah dalam format teks. Dalam Ms Excel, materi diawali dengan pengenalan Ms Excel sebagai pengolah data tabel yang dilanjutkan dnegan pengeditan format cell tabel dan fungsi perhitungan. Sedangkan dalam PowerPoint materi diawali dengan pengenalan  fungsi utama power point sebagai aplikasi penyaji data, kemudian dilanjutkan dengan materi teknik penyajian presentasi melalui Power Point.

Mata kuliah ini menjabarkan mengenai teknik penguasaan presentasi grafis dua dimensi kaidah gambar teknik melalui penerapan gambar konstruksi, proyeksi orthografi, isometric, perspektif dan penguasaan kaidah presentasi grafis melalui penguasaan standarisasi, notasi dan norma-norma kaidah Gambar Teknik.

SELAMAT BELAJAR! 

Mata Kuliah Struktur dan Konstruksi 1 ini merupakan mata kuliah pokok yang bertujuan memperkenalkan mengenai struktur bangunan kepada mahasiswa program studi Arsitektur, semester pertama. Mata kuliah ini menjabarkan tentang konstruksi bangunan rumah sederhana yang dijelaskan secara terperinci. Dalam pembangunan rumah sederhana hendaklah mengacu pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 5/PRT/M/2016, sehingga konstruksi rumah yang terbangun sesuai dengan Standar Nasional Indonesia. Tujuan dari penulisan Bahan Ajar Struktur dan Konstruksi 1 ini adalah untuk memberikan panduan kepada mahasiswa agar dapat mewujudkan bangunan rumah tinggal yanglebih aman terhadap dampak kerusakan yang diakibatkan oleh bencana gempa bumi.