Penelitian merupakan kegiatan untuk memperoleh solusi terhadap suatu fenomena atau permasalahan yang terjadi melalui langkah-langkah ilmiah.

Apakah penelitian membutuhkan statistika? Apakah yang dimaksud dengan statistika? Apa perbedaan antara statistika dan statistik? Disiplin ilmu apa saja yang menggunakan statistika? Mengapa statistika perlu dipahami di antaranya adalah untuk memahami cara menyajikan informasi dengan tepat, untuk memahami bagaimana menyimpulkan populasi menggunakan (informasi) sampel, untuk memahami cara meningkatkan proses, untuk memahami cara memperoleh forecast yang layak dan reliable.

Pada dasarnya dalam mempelajari statistika kita berkepentingan dalam penyajian dan penafsiran kejadian yang bersifat peluang dalam penyelidikan terencana atau penelitian ilmiah. Statistikawan bekerja dengan data numerik, berupa cacahan atau hasil pengukuran atau data kategorik yang diklasifikasikan menurut kriteria tertentu. Dalam setiap informasi yang tercatat baik numerik atau kategorik kita akan sebut sebagai pengamatan.